Munas

Dalam rangka Musyawarah Nasional (MUNAS ) Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia (IHAMAFI) XIV, berbagai kegiatan dilaksanakan, diantaranya field trip, seminar, dan lomba poster yang berlangsung tanggal 12 sampai dengan 19 Mei 2017. Tahun ini Universitas Gajah Mada (UGM) terpilih menjadi tuan rumah MUNAS IHAMAFI XIV. Namun, dalam peyelenggaraannya, IHAMAFI juga menyertakan beberapa universitas di Yogyakarta, diantaranya, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Sabtu (13/05/2017) Program Studi (Prodi) Pendidikan Fisika UST menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Poster Competation & Expo’ dengan tema “ Physics for Life”. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman kampus III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UST. Kegiatan tersebut dihadiri 161 orang peserta yang berasal dari beberapa Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMA) se-Indonesia.

Penyelenggraan kegiatan lomba poster dan expo alat oleh Himpunan Mahasiswa Fisika UST (HIMA UST) bermula dari pemenangan perebutan tender penyelenggaraan perlombaan. Setelah bersaing dengan beberapa univesitas yang juga berniat memegang hak penyelenggaraan perlombaan, HIMA UST berhasil mendapat kesempatan menyelenggarakan perlombaan poster dan expo alat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk:

Sebagai sarana penyaluran minat dan bakat mahasiswa Fisika dalam bidang seni, Menumbuhkan kepedulian mahasiswa Fisika terhadap perkembangan fisika di

kehidupan Modern, Menambah wawasan mahasiswa Fisika terhadap pertumbuhan dan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di dunia Fisika serta Sebagai sarana untuk menunjukkan dan memperkenalkan hasil karya mahasiswa Fisika kepada masyarakat sebagai bentuk aplikasi pengetahuan yang dimiliki untuk dimanfaatkan dalam kehidupan.

Sekretaris Jendral (Sekjen) IHAMAFI, Kukuh Prasetio mengungkapkan bahwa ada yang istimewa dalam penyelenggaraan MUNAS IHAMAFI XIV. “Selain jumlah peserta yang mengalami peningkatan, MUNAS kali ini diselenggarakan oleh universitas yang berbeda untuk masing masing kegiatan,” ujar mahasiswa UGM itu.

 

Ki Widodo Budi selaku Wakil Rektor III UST dalam sambutannya mengapresiasi kreativitas mahasiswa yang berhasil merangkul himpunan mahasiswa fisika se-Indonesia dalam kegiatan MUNAS IHAMAF. Ki Widodo juga memperkenalkan kampus UST kepada semua peserta serta capaian-capaian yang pernah diraih oleh pendidikan Fisika UST. “Kampus UST merupakan satu-satunya kampus yang didirikan langsung oleh Ki Hajar Dewantara,” tutur dosen prodi Pendidikan Fisika itu.

Dalam sambutannya, Ari Saputra selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada IHAMAFI yang telah memepercayakan prodi pendidikan Fisika UST untuk mengambil bagian dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan MUNAS IHAMAFI XIV. Dipenghujung kegiatan, Ari mengungkapkan kepuasannya setelah berhasil menyelenggarakan perlombaan poster dan expo ini. “Terlepas dari banyaknya kekurangan yang kami miliki, saya mengaku puas telah berhasil melanggarakan kegiatan ini,” pungkas mahasiswa asal Bangka tersebut

  • 2017-05-20